cara restore / update grub di linux manjaro

hay guys, kali ini share trik tentang linux nih. kemaren ane install debian 5 dan linux manjaro ane tidak terdeteksi di grub nya debian 5, maka dari itu ane pingin share cara mengupdate atau menginstall grub nya linux manjaro agar partisi manjaro kalian dan os lainya terlihat..
oke guys ini dia step nya.
1. booting laptop kamu menuju live mode nya manjaro.
2. jika sudah, buka terminal (ctrl+alt+t)
jika sudah mari ke step ini.
- lihat partisi kalian
ketikan command dibawah ini
sudo su
lsblk -f
jika sudah tentukan partisi linux manjaro kalian di /dev/sda berapa.. kalo punya ane di /dev/sda9.
- mount partisi linux manjaro.
jika kalian ingat pada /dev/sda berapa lakukan dan ketikan command ini
mount /dev/[sda berapa sesuai partisi linux manjaro kalian ] /mnt
kalo punya ane
mount /dev/sda9 /mnt
- memindahkan root direktori ke partisi linux manjaro mu yang telah termount
ketikan command ini
cd /mnt
jika sudah ketikan
mount -t proc proc /mnt/proc
mount -t sysfs sys /mnt/sys
mount -o bind /dev /mnt/dev
mount -t devpts pts /mnt/dev/pts/
chroot /mnt
- restore grub
nah ini nih langkah terakhir. ketikan command dibawah ini
pacman -S mtools os-prober ( abaikan aja gk papa )
a. install grub baru
ketikan command ini
grub-install /dev/sda
b. check grub apakah sudah terinstall atau belum
ketikan ini
grub-install --recheck /dev/sda
c. dan lakukan update grub.
ketikan command ini
update-grub

dan selesai...
nah jadi begitu, setelah itu semua partisi akan tampil pada grub nya manjaro.
note : ini bukan cara pada boot UEFI

2 comments:

Search This Blog

Powered by Blogger.

About Us

Nama Blog

All About PC

Blog ini hanya membahas tentang pc, jika ada yang lain maka label atau tag nya saya taroh di lain-lain. mari belajar via internet :D

Earn Bitcoin with EZ click, no scam! TESTED BY ME

Advertisement

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *